Selasa, 18 September 2012

KAK dAN RAB Penyusunan Standar Biaya Masukan



KEMENTERIAN KEUANGAN
KERANGKA ACUAN KERJA/TERM OF REFERENCE
KELUARAN (OUTPUT) PENYUSUNAN STANDAR BIAYA MASUKAN
           
Kementerian Negara/Lembaga    : Kementerian Keuangan
Unit Eselon I                               : Direktorat Jendral Anggaran
Program                                       : Program Pengelolaan Anggaran Negara
Kegiatan                                      : Pengembangan Sistem Penganggaran
Output                                         : Penyusunan Standar Biaya Masukan
SatuanUkur                                 : PMK (Peraturan Menteri Keuangan)

A.    LATAR BELAKANG
1.      DASAR HUKUM
a.    UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Pasal 3 : Ayat (1) Keuangan Negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif,
transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
b.      Peraturan Pemerintah Nomor 90 Tahun 2010 Tentang Penyusunan RKA KL Pasal 5, Ayat (3) dan Ayat (5). Ayat (3) berisi Penyusunan anggaran RKA-KL sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menggunakan instrumen indikator kinerja, standar biaya , dan evaluasi kinerja”.  Ayat (5)  berisi “Ketentuan mengenai standar biaya sebagaimana dimaksud dalam ayat (3) diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan setelah berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga
c.       Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.02/2011 Tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2012
d.   Peraturan Menteri Keuangan No.37/PMK.02/2012 tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2013. 
e.    Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, Pasal 7 :
Ayat (2) Dalam penyusunan anggaran berbasis kinerja diperlukan indikator kinerja, standar biaya, dan evaluasi kinerja dari setiap program dan jenis kegiatan;
Ayat (4) Menteri Keuangan menetapkan standar biaya, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus bagi Pemerintah Pusat setelah berkoordinasi dengan Kementerian Negara/Lembaga terkait.

2.      GAMBARAN UMUM
a.    Standar biaya adalah satuan biaya yang ditetapkan baik berupa Standar Biaya Masukan  maupun Standar Biaya Keluaran sebagai acuan perhitungan kebutuhan anggaran dalam RKA-K/L.
b.   Standar biaya masukan adalah satuan biaya berupa harga satuan, tarif, dan indeks yang digunakan untuk menyusun biaya komponen masukan kegiatan.
c.     Standar biaya merupakan salah satu instrumen yang diperlukan dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL). Mengingat pentingnya standar biaya bagi Kementerian Negara/Lembaga, maka diperlukan perlu adanya penyempurnaan dalam penyusunannya, sehingga nantinya standar biaya yang ditetapkan dapat mengakomodir kebutuhan Kementerian Negara/Lembaga dalam mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan oleh masing masing Kementerian Negara/Lembaga
d.   Standar biaya masukan merupakan transformasi dari standar biaya umum.
e.    Standar biaya masukan berfungsi sebagai batas tertinggi untuk menyusun biaya komponen kegiatan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga,
f.     dan batas tertinggi atau estimasi dalam rangka pelaksanaan anggaran
g.    Ditetapkan dalam  lampiran Menteri Keuangan  tentang Standar Biaya Tahun tahun yang bersangkutan.
h.    SBM yang belum tercantum Kementerian negara/lembaga dapat menggunakan satuan biaya lain yang disertai dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang ditandatangani oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran

B.     PENERIMA MANFAAT
Peraturan  tentang Standar Biaya Masukan dipergunakan sebagai acuan dan pedoman dalam penyusunan RKA-KL oleh seluruh Kementerian Negara/Lembaga serta memberikan standarisasi bagi perencanaan penganggaran Kementerian Negara/Lembaga dalam RKAKL secara efektif dan efisien.

C.    STRATEGI PENCAPAIAN KELUARAN
A. Uraian Kegiatan dan Keluaran
Penyusunan standar biaya masukan ini  merupakan salah satu bagian dalam pelaksanaan kegiatan Pengembangan Sistem Penganggaran yang dilaksanakan oleh Direktorat Sistem Penganggaran. Kegiatan ini menghasilkan peraturan peruandang-undangan mengenai standarisasi.
Beberapa keluaran yang terdapat dalam kegiatan Pengembangan Sistem Penganggaran
1. Petunjuk Teknis Penyusunan RKA-KL
2. Tatacara Revisi RABPP
3. Rekomendasi Kebijakan Penganggaran
4. Petunjuk Teknis Penyusunan SBK
5. Standar Biaya Masukan
6. Standar Biaya Keluaran
Berdasarkan beberapa keluaran yang dihasilkan dalam kegiatan Penyiapan Perumusan dan Harmonisasi Kebijakan, Pengkajian dan Pengembangan Sistem Penganggaran serta Standarisasi dan Teknologi Informasi dan Evaluasi di Bidang Sistem Penganggaran, penyusunan standar biaya mempunyai indikator keluaran berupa tersusunnya Petunjuk Teknis Penyusunan SBK, Standar Biaya Masukan, dan Standar Biaya Keluaran.

B. Indikator Kinerja
Indikator kinerja dari kegiatan Pengembangan Sistem Penganggaran adalah
1. Tersusunnya Petunjuk Penyusunan RKA-KL tepat waktu dan lebih informatif.
2. Tersedianya Sistem Aplikasi, database anggaran dan informasi, dukungan TI sesuai rencana dan tepat waktu.
3. Tersusunnya peraturan tentang Tata Cara Revisi RABPP yang lebih informatif, tegas dan implementatif.
4. Tersusunnya rekomendasi penyempurnaan kebijakan penganggaran
5. Tersusunnya Standar Biaya Masukan sebelum penetapan Pagu Indikatif.

C. Batasan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan ini difokuskan pada tugas dan fungsi yang yang akan dilaksanakan Tahun Anggaran 2010 dan menjadi tanggungjawab Subdit Standar Biaya pada Direktorat Sistem Penganggaran yaitu untuk menyusun :
1. Standar Biaya Umum sebelum penetapan pagu sementara
2. Petunjuk Penyusunan SBK yang tepat waktu dan lebih informatif.

D.     Maksud Kegiatan
Penyusunan standar biaya masukan dimaksudkan untuk memberikan standarisasi bagi perencanaan penganggaran Kementerian Negara/Lembaga dalam RKAKL secara efektif dan efisien.

E.     Tujuan Kegiatan
Penyusunan standar biaya bertujuan memberikan acuan dan pedoman serta untuk mempermudah pelaksanaan proses penelaahan yang dilakukan Direktorat Jenderal Anggaran bersama Kementerian Negara/Lembaga.

D. CARA PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
Penyusunan standar biaya Masukan dilakukan melalui tahapan-tahapan pelaksanaan untuk pencapaian indikator keluaran yaitu :

1. Pembahasan PMK Standar Biaya Umum 2011
Dalam tahapan ini pelaksanaan pembahasan SBU 2011 dilakukan dengan cara konsinyering yang dilaksanakan di luar kantor dengan peserta 50 orang, terdiri dari narasumber yang berasal dari luar Ditjen Anggaran dan para pegawai yang mewakili masing-masing Direktorat Anggaran I/II/III, Direktorat Sistem Penganggaran serta Biro Hukum Departemen Keuangan.

2. Finalisasi PMK Standar Biaya Umum 2011
Pelaksanaan finalisasi SBU 2011 berupa pencetakan peraturan tentang SBU sebanyak 1.850 eksemplar yang akan dilaksanakan oleh pihak ketiga.  Hasil cetakan tersebut akan didistribusikan kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga.

3. Penyusunan Norma Standar Biaya Umum 2012
Pelaksanaan penyusunan norma SBU melalui dua tahap pertemuan, tahap awal dilakukan pertemuan dengan mengundang 4 (empat) orang sebagai perwakilan dari 12 Kementerian Negara/Lembaga. Tahap akhir dilaksanakan melalui konsinyering yang dilaksanakan di luar kantor dengan peserta 35 orang, terdiri dari narasumber yang berasal dari luar Ditjen Anggaran dan para pegawai yang mewakili masing-masing Direktorat Anggaran I/II/III, dan Direktorat Sistem Penganggaran.

4. Survey uji petik/pengumpulan data Standar Biaya Umum 2012
Pelaksanaan uji petik dilakukan untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penyusunan SBU yang dilakukan melalui :
a. Tahap persiapan, berupa pembentukan tim, identifikasi dan penyusunan daftar pertanyaan (quisioner), dan pembekalan yang akan menghadirkan narasumber dari pihak yang berkompeten dalam hal survay seperti Biro Pusat Statistik.
b. Tahap pelaksanaan, berupa uji petik melibatkan para pegawai dari Direktorat Sistem Penganggaran dan Sekretariat Ditjen Anggaran. Para pegawai yang ditunjuk akan bertugas melaksanakan perjalanan dinas selama 4 (empat) sampai 5 (lima) hari ke masing-masing tujuan provinsi/kabupaten/kota untuk pengumpulan data misalnya: tarif hotel, harga pakaian kerja, harga bahan makanan, harga bangunan per meter, UMR/UMP, harga kendaraan dan spare partnya. Data-data tersebut akan diolah sebagai bahan penyusunan SBU.

5. Kajian Standar Biaya Output
Pelaksanaan kajian dilakukan untuk memperoleh suatu rumusan terhadap :
a. Kajian standar biaya pemeliharaan dan perawatan dilaksanakan melalui kontrak dengan pihak ketiga dengan pertimbangan bahwa diperlukan keahlian khusus terkait gedung/bangunan/mesin.
b. Kajian standar biaya penyelenggaraan operasional perkantoran dilaksanakan secara swakelola. Penyelesaian akhir pelaksanaan kajian dilakukan dengan cara konsinyering yang dilaksanakan di luar kantor dengan peserta 36 orang, terdiri dari narasumber yang berasal dari luar Ditjen Anggaran dan para pegawai yang mewakili masing-masing Direktorat Anggaran I/II/III dan Direktorat Sistem Penganggaran.

6. Sosialisasi Standar Biaya Masukan (Intern)
Pelaksanaan sosialisasi dilakukan untuk memberikan materi dan pemahaman seputar penerapan SBM yang dilaksanakan di kantor dengan mengundang 400 pegawai yang ada di lingkungan Ditjen Anggaran.


7. Sosialisasi Standar Biaya Masukan (ekstern)
Pelaksanaan sosialisasi dilakukan untuk memberikan materi seputar penerapan SBM yang dilaksanakan di luar kantor dengan menyewa gedung pertemuan untuk 1.000 peserta dari Kementerian Negara/Lembaga dan para pejabat yang ada di lingkungan Ditjen Anggaran.

8. Monitoring dan Evaluasi Standar Biaya
Pelaksanaan kompilasi dan penyempurnaan dilakukan melalui: a. Tahap persiapan, berupa rapat ataupun forum diskusi untuk penentuan daftar pertanyaan (quisioner).
b. Tahap pelaksanaan, berupa survey on the spot terhadap satker daerah pelaksana dana APBN termasuk satker dekonsentrasi dan tugas pembantuan pada 33 propinsi.
c. Tahap laporan, berupa pelaporan hasil kegiatan monitoring
d. Tahapan Evaluasi, berupa penyempurnaan rumusan standar biaya berdasarkan hasil monitoring yang telah dilaksanakan.

F.   TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan penyusunan standar biaya secara umum dilakukan di kantor. Namun, untuk penyelesaian akhir ada beberapa tahapan kegiatan yang dilaksanakan di luar kantor seperti pelaksanaan uji petik dilakukan di provinsi/kabupaten/kota dan monitoring evaluasi standar biaya.

G.  PELAKSANA PENANGGUNGJAWAB KEGIATAN
A. Pelaksana Kegiatan
     Penyusunan Standar Biaya Masukan dilaksankan oleh Subdit Standar Biaya Direktorat Sistem Penganggaran.
B. Penanggungjawab Kegiatan
     Pejabat yang bertanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan adalah Kepala Sub Direktorat Standar Biaya

H.   JADWAL KEGIATAN
A. Waktu pelaksanaan kegiatan
Kegiatan Penyusunan Standar Biaya ini dilaksanakan pada tahun anggaran 2010 dengan rincian sebagai berikut:
1. Pembahasan PMK Standar Biaya Masukan 2011 (Januari 2010)
2. Finalisasi PMK Standar Biaya Masukan 2011 (Januari 2010)
3. Penyusunan Norma Standar Biaya Masukan 2012 (Februari-Maret 2010)
4. Survey uji petik/pengumpulan data Standar Biaya Masukan 2012 (Agustus-
September 2010)
5. Kajian Standar Biaya Output ( Maret-Agustus 2010)
6. Sosialisasi Standar Biaya Masukan Intern (Maret 2010)
7. Sosialisasi SBM- Ekstern (Maret 2010)
8. Monitoring dan Evaluasi Standar Biaya (Oktober-Desember 2010)

B. Matrik Waktu Penyusunan Standar Biaya Masukan
Tahapan Kegiatan
Bulan ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Pembahasan PMKSBM2011












Finalisasi PMK SBM 2011












Penyusunan Norma SBM 2012












Survey uji petik/ data SBM 2012












Kajian Standar Biaya












Sosialisasi SBM Intern












Sosialisasi SBM Ekstern












Monev Standar Biaya













I.     BIAYA YANG DIBUTUHKAN
Untuk melaksanakan kegiatan ini dibutuhkan biaya sebagimana RAB terlampir.
                                                                       
    
                                                                                                PenanggungJawab,
                       


                                                                                                Drs. ....................... M.Si        
NIP. ..............................


PENYUSUNAN PERATURAN STANDAR BIAYA MASUKAN 20XX

Kementerian Negara/ Lembaga          :Kementerian Keuangan
Unit Eselon I                                       :Direktorat Jenderal Anggaran
Program                                               :Pengelolaan Anggaran Negara
Unit Eselon II/ Satuan Kerja              :Direktorat Sistem Penganggaran
Kegiatan                                              :Pengembangan Sistem Penganggaran
Indikator Kinerja Kegiatan                 :Tersusunnya PMK di Bidang Sistem Penganggaran
Satuan Ukur dan Jenis Keluaran         :PMK (Peraturan Menteri Keuangan), Peraturan di Bidang Penganggaran tentang Standar Biaya Masukan
Volume                                               :1


No.
(Kode Akun)
Tahapan Pelaksanaan dan Rincian Komponen Biaya
Volume
Satuan Ukur
Biaya Satuan Ukur
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5
6= (3x5)
7
1672.01.001
PMK STANDAR BIAYA MASUKAN



1.324.140.000

011
PEMBAHASAN PMK STANDAR BIAYA MASUKAN
521219 Belanja Barang Non Operasional Lainnya
·       Penyusunan dan pembahasan draft PMK SBM
Ø Konsinyering penyusunan SBM
- Paket pertemuan (fullboard) [30 ORG x 1 FRK x 2 HR]
522115 Belanja Jasa Profesi
·        Penyusunan dan pembahasan draft PMK SBM
- Narasumber (PNS Non DJA) [2 ORG x 1 FRK x 3 JAM]
524119 Belanja Perjalanan Lainnya (DN)
       · Penyusunan dan pembahasan draft PMK SBM
Ø Konsinyering penyusunan SBM

- Uang Harian [30 ORG x 1 FRK x 3 HR]
- Transportasi [30 ORG x 1 FRK]





60


6



90
30





OH


OJ



OH
OF





500.000


1.000.000



270.000
100.000
62.400.000

30.000.000
30.000.000
30.000.000
30.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
28.800.000
28.800.000
28.800.000
24.300.000
3.000.000
Utama
012
PENYUSUNAN NORMA STANDAR BIAYA UMUM/MASUKAN
521219 Belanja Barang Non Operasional Lainnya
·        Konsinyering penyusunan Norma SBM
- Paket pertemuan (Fullboard) [35 ORG x 1 FRK x 2 HR]
524119 Belanja perjalanan lainnya (DN)
·         Konsinyering penyusunan Norma SBM
- Uang Harian Paket Pertemuan [35 ORG x 3 HR x 1 FRK]
- Transportasi [35 ORG x 1 FRK]
- Transport Narasumber [4 ORG x 1 FR]




70


105
35
4




OH


OH
OF
OF




490.000


270.000
150.000
200.000
68.500.000
34.300.000

34.300.000
34.300.000
34.200.000
34.200.000
28.350.000
5.250.000
800.000
Utama
013
UJI PETIK/PENGUMPULAN DATA DAN MONEV SBM
524119 Belanja perjalanan lainnya (DN)
·         Pelaksanaan survey uji petik
- Transportasi [2 ORG x 1 FRK x 33 LOK]
- Uang Harian [2 ORG x 33 LOK x 5 HR]
- Penginapan [2 ORG x 33 LOK x 4 HR]




66
330
264




OLF
OH
OH




3.250.000
350.000
435.000
444.840.000
444.840.000

444.840.000
214.500.000
115.500.000
114.840.000
Utama
014
SOSIALISASI SBM
521219 Belanja Barang Non Operasional Lainnya
- Penggandaan Bahan/Materi [1400 ORG x 3 FR x 1 EKSPL]
- Konsumsi [1400 ORG x 3 FR]
522114 Belanja Sewa
- Sewa Gedung [1 PKT x 1 FR x 1 HR]
- Sewa Giant Screen [1 PKT x 1 FR x 1 HR]
- Sewa Mini Garden [1 PKT x 1 FR x 1 HR]
- Sewa Kursi dan Setting [1000 PKT x 1 FR x 1 HR]


4200
4200

1
1

1
1000


EKSPL
OF

PKT
PKT
PKT
PKT


15.000
42.000

35.000.000
8.000.000

2.500.000
7.500
292.400.000
239.400.000
63.000.000
176.400.000
53.000.000
35.000.000
8.000.000

2.500.000
7.500.000
Pendukung
015
MONITORING DAN EVALUASI SBM
521219 Belanja Barang Non Operasional Lainnya
- Pelaporan [1 pkt x 1 keg]
·           Konsinyering hasil monitoring dan evaluasi SBM
- Paket Pertemuan Fullboard [20 ORG x 1 FR x 2 HR]
524119 Belanja perjalanan lainnya (DN)
·             Monitoring SBM
- Transportasi [2 ORG x 1 FRK x 33 LOK]
- Uang Harian [2 ORG x 33 LOK x 4 HR]
- Penginapan [2 ORG x 33 LOK x 3 HR]
·             Konsinyering hasil monitoring dan evaluasi SBM
- Uang Harian [20 ORG x 1 FRK x 3 HR]
- Transportasi [20 ORG x 1 FRK]


1

40


66
264
198

60
20


PK

OH


OLF
OH
OH

OH
OF


1.000.000

490.000


3.250.000
350.000
350.000

270.000
150.000
416.000.000
20.600.000
1.000.000
19.600.000
19.600.000
395.400.000
376.200.000
214.500.000
92.400.000
69.300.000

19.200.000
16.200.000
3.000.000
Utama
016
FINALISASI PMK STANDAR BIAYA MASUKAN
521219 Belanja Barang Non Operasional Lainnya
·           Finalisasi draft PMK Standar Biaya Masukan
Ø Pencetakan dan distribusi
- Penggandaan dan pencetakan SBM [1850 BK x 1 FR]




2000




BK




20.000
40.000.000
40.000.000
40.000.000
40.000.000
40.000.000
Utama






    Jakarta, 18 September 20XX
                                                                                                Penanggung jawab,






Drs. Sianturi M.Si
NIP. ....................



                                                                                   
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar